Rabu, 13 Januari 2010

Multimedia : Rotasi (UAS Tahap3)

STORYBOARD
Storyboard mengalami perubahan berhubung adanya revisi pada UAS tahap 3. Storyboard dapat didownload pada link berikut :

Langkah-Langkah Pembuatan Multimedia
Langkah pertama adalah membuat halaman container yang berfungsi untuk mengendalikan seluruh tampilan multimedia.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
· Jalankan program Flash 8 Anda.
· Atur lebar layar menjadi 700 x 550 pixel pada window properties yang terletak dibagian bawah.
· Buat static text dengan nama intro, program, dan keluar, seperti pada gambar berikut.
· Kemudian klik kanan pada teks intro, pilih convert to symbol. Lalu pilih tombol pada kotak type. Beri instance name intro_btn.
· Lakukan hal yang sama untuk teks program dengan instance name program_btn dan untuk teks keluar dengan instance name keluar_btn.
· Kemudian buat kotak dengan menggunakan tool rectangle dengan ukuran 680 x 480 pixel. Sesuai dengan gambar berikut.
· Klik kanan pada kotak tersebut, pilih convert to symbol. Kemudian atur sesuai gambar berikut. · Beralih ke layer 2, lalu ketikkan script berikut pada window action.
· Pilih pada menu bar File => Publish Settings (keyboard : ctrl + Shift + F12). Akan muncul kotak dialog Publish Settings.
· Hilangkan tanda check pada HTML (.html) dan berikan tanda check pada Windows Projector (.exe).
· Kemudian klik OK dan save pekerjaan Anda.

Langkah selanjutnya adalah membuat halaman intro. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
· Atur lebar layar menjadi 640 x 480 pixel.
· Buat background dengan menggunakan tool rectangle dan warnai semenarik mungkin. Contohnya seperti gambar berikut.
· Kemudian beri judul, nama pembuat, dan tahun pembuatan. Contoh seperti gambar berikut.
· Lalu pilih menu bar File => Export => Export Movie dan save menjadi file swf dengan nama intro.swf. Lalu save pekerjaan Anda.

Langkah selanjutnya adalah membuat halaman programnya yaitu program rotasi. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
· Atur lebar layar menjadi 640 x 480 pixel.
· Buat static text dan atur tampilannya seperti pada gambar berikut.
· Selanjutnya buat beberapa input text dan beri instance name masing-masing x1_txt, x2_txt, x3_txt, y1_txt, y2_txt, y3_txt, xp_txt, yp_txt, dan sudut_txt. Perhatikan pengaturan letaknya pada gambar berikut.
· Buat beberapa dynamic text untuk menampilkan data hasil proses dan beri instance name masing-masing x1b_txt, x2b_txt, x3b_txt, y1b_txt, y2b_txt, dan y3b_txt. Perhatika pengaturannya seperti pada gambar berikut.
· Klik kanan pada teks Proses, kemudian pilih convert to symbol dan atur sesuai gambar berikut. · Beri instance name proses_btn.
· Kemudian beralih pada layer 2 dan ketikan script berikut pada window action.
· Logika dari script tersebut adalah setiap koordinat yang dimasukkan pada input teks diproses dengan menggunakan rumus yang terdapat pada sript tersebut. Kemudian koordinat hasil transformasi ditampilkan pada dynamic teks.

Aplikasi Multimedia
Multimedia ini dapat didownload pada link berikut.


SCREENCAPTURE

Langkah-Langkah Penggunaan Multimedia.
1. Klik container.exe.
2. Klik pada tombol intro untuk melihat halaman judul multimedia.
3. Klik pada tombol program untuk memulai menggunakan program rotasi.
4. Masukkan data koordinat titik-titik segitiga pada kotak yang telah disediakan.
5. Klik pada tombol proses. Hasil transformasi dapat dilihat pada bagian koordinat hasil transformasi.
6. Klik pada tombol keluar untuk keluar dari multimedia.


SEMOGA BERMANFAAT!! (^^)V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar